Blognya Guru Indonesia, Aplikasi, Administrasi, Soal-Soal, TK, PAUD, SD, MI, SMP, SMA, SMK, MA, Guru, Berita, Download

Rabu, 21 Desember 2016

Pengertian Guru Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Guru Menurut Beberapa Para Ahli - Selamat sore sahabat Referensi Guru. Kali ini akan share Pengertian Guru. Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan– Guru adalah seseorang pengajar ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. (sumber : www.gurupendidikan.com)


8. Pengertian Guru
Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan– Guru adalah seseorang pengajar ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli
Menurut Purwanto (1997:138)
Orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di lingkungan sekolah adalah guru.

Husnul Chotimah (2008)
Mereka yang memfasilitasi transisi dari pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.

Dri Atmaka (2004:17)
Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada siswa dalam pengembangan baik fisik dan spiritual.

E. Mulyasa (2003:53)
Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Ahmadi (1977:109)
Pendidik adalah sebagai mengawasi peran dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Drs. Moh. Uzer Usman (1996:15)
Guru adalah tugas semua orang dan otoritas dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan formal.

Menurut Noor Jamaluddin (1978:1)
Guru adalah pendidik, orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan atau bantuan kepada siswa dalam pengembangan tubuh dan jiwa untuk mencapai kematangan, mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai khalifah Allah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang mampu berdiri sendiri.

Menurut Wikipedia
Pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Dikutip dari: http://www.trigonalmedia.com/
Pengertian Guru
Arti umum
Guru adalah pendidik dan guru di sekolah-sekolah pendidikan anak usia dini atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru seperti ini harus memiliki beberapa jenis kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Arti khusus
Dalam agama Hindu, guru merupakan simbol bagi sebuah kuil yang berisi pengetahuan dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah panduan spiritual atau kejiwaan siswa.

Dalam agama Buddha, guru adalah orang yang membimbing murid-muridnya di jalan kebenaran. Guru siswa memandang gurunya sebagai titisan Buddha atau Bodhisattva.

Dalam agama Sikh, guru memiliki arti yang sama seperti Hindu dan Budha, namun posisinya lebih penting karena salah satu inti ajaran agama Sikh adalah keyakinan dalam ajaran sepuluh guru Sikh. Hanya ada sepuluh guru dalam agama Sikh. Guru pertama, Guru Nanak Dev adalah pendiri agama ini.

Orang India, Cina, Mesir, menerima instruksi dari seorang guru yang merupakan imam atau nabi. Oleh karena itu, seorang guru dan sangat dihormati terkenal di masyarakat serta untuk mempertimbangkan guru sebagai panduan untuk keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.

Guru di Indonesia
Secara formal, guru adalah seorang guru di sebuah sekolah swasta atau publik yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang minimal Status gelar pendidikan formal, dan sudah memiliki ketentuan hukum yang berlaku sebagai guru di bawah hukum yang berlaku guru dan dosen di Indonesia.

Guru tetap
Guru yang telah memiliki status yang minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan untuk sekolah tertentu sebagai lembaga induknya. Sebagai seorang guru di sebuah sekolah swasta, guru dinyatakan guru tetap jika Anda sudah memiliki wewenang untuk mengajar atas dasar tertentu tetap khusus diakreditasi oleh otoritas pemerintah di Indonesia.

Guru honorer
Guru sementara memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan pelajaran per jam dibayar. Seringkali mereka dibayar secara sukarela, dan bahkan di bawah upah minimum telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering tampak jauh berbeda dari guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil sebagai guru penuh waktu.

Ini sebenarnya sangat menyalahi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan, setengah pengangguran status mereka. Secara umum, mereka secara sukarela bagi calon Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh honorarium, atau sebagai wali kesempatan untuk lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil formasi umum.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Di Indonesia, sering terjadi kehormatan siluman. Mereka dianggap tak terlihat karena bernama calon Pegawai Negeri Sipil dengan prosedur hukum. Hal ini disebabkan masa kerja rekayasa sebagai suatu kehormatan, dan bidang kerja mereka sebagai suatu kehormatan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki. Bahkan, ada keputusan bergantung pada orang-orang yang tidak memiliki otoritas yang benar dan tepat di bawah undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Demikian Penjelasan Tentang 8 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Pendidikan Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca (Sumber : GuruPendidikan.Com 😀)

12 Pengertian Guru 
Menurut Para Ahli Terlengkap (http://www.seputarpengetahuan.com/) – Kehidupan tidak akan pernah terlepas dari seorang guru. Dari merekalah kita tahu bagaimana cara makan yang baik, cara memakai pakaian, cara mengurus badan, cara memasak, cara membaca ayat Al-Qur’an, cara sholat yang baik, cara menghitung, cara berbicara yang sopan, cara berakhlak yang baik, dan lain sebagainya. Seorang guru adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia.

Orang tua adalah guru pertama ketika kita terlahir ke dunia. Mereka yang mengajarkan kita berbicara, berjalan, memegang sesuatu, dan lain sebagainya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran yang luar biasa. Agar perkembangan anak menjadi lebih baik, kita disekolahkan, dari PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA sampai pada perguruan tinggi.Tidak hanya dibangku sekolah kita menjumpai seorang guru, tetapi ada guru yang kita temukan di TPA, Masjlis Ilmu, pesantren, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas mengenai pengertian guru, berikut ini akan dijelaskan oleh beberapa ahli di bidangnya.

Pengertian Guru
Guru atau disebut juga dengan pendidik dalam bahasa arab ialah mu’allim, sedangkan dalam bahasa inggris ialah teacher.

1. UU no.14 Tahun 2005 tentang Guru
Guru ialah seorang pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

2. KBBI
Guru ialah orang yang pekerjaan, mata pencaharian, dan profesinya adalah mengajar.

3. Dr. Ahmad Tafsir
Guru (pendidik) ialah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Tugas guru dalam pandangan islam ialah mendidik. Mendidik merupakan tugas yang amat luas. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberikan dorongan, memberi contoh (suri tauladan), menghukum, dan lain-lain.

4. Drs. Moh. Uzer Usman
Guru ialah setiap orang yang memiliki tugas dan wewenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

5. Husnul Khotimah
Dalam pegertian yang sederhana, guru  merupakan orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (muridnya).

6. Ahmadi
Guru atau pendidik berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.

7. Dri Atmaka
Guru merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab dalam memberikan pertolongan dalam perkembangan anak didik, baik jasmani maupun rohaninya. Agar dapat mencapai tingkat kedewasaannya yakni mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai mahluk Tuhan, mahluk sosial dan mahluk individu yang mandiri.

8. Ngalim Purwanto
Guru adalah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.

9. Noor Jamaluddin
Guru ialah pendidik, yakni orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya, yaitu mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khilafah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk individu yang mampu berdiri sendiri.

12 Pengertian Guru Menurut Para Ahli Terlengkap

10. Mulyasa
Menurutnya guru atau pendidik haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

11. Hadari Nawawi
Menurutnya guru diartikan kedala dua sisi. Yaitu pengertian guru secara sempit ialah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas, yakni orang yang kerjaannya mengajar dan memberikan pelajaran didalam kelas. Sedangkan pengertian guru secara luas ialah orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya masing-masing.

12. Purwanto
Guru ialah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.

Pada intinya guru adalah seseorang yang berjasa dalam memberikan pengetahuan dan ilmu yang belum pernah kita dapatkan dan membantu mengembangkan bakat yang terpendam dalam diri kita. Mereka adalah orang yang mengajarkan kepada kita tentang sesuatu yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga,  maysarakat, agama serta bangsa.

Download Pengertian Guru Menurut Para Ahli >>> DISINI

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Guru Menurut dari beberapa Para Ahli Terlengkap.
Demikian info Referensi Guru. Semoga bermanfaat. Amin

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Referensi Guruku
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top