Blognya Guru Indonesia, Aplikasi, Administrasi, Soal-Soal, TK, PAUD, SD, MI, SMP, SMA, SMK, MA, Guru, Berita, Download

Senin, 02 Oktober 2017

Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Hasil Revisi Terbaru


Sebagai referensi guru maka pada kesempatan ini akan memposting Aplikasi untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Sebelum ke file aplikasi saya akan posting dahulu tentang penentuan kriteria keuntasan minimal (KKM) yang saya ambil dari buku panduan penilan untuk sekolah dasar revisi 2016. Yang belum punya silahkan kunjungi dan unduh url di bawah ini.

[ Link Unduhan ] Buku Panduan Penilaian SD


Berikut ini merupakan contoh prosedur penentuan KKM.
  1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran.
  2. Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas,intake, pendidik dan daya dukung.
  • Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek kompleksitas, antara lain jumlah KD dan karakterististik KD muatan pelajaran (misalnya, tingkat kesulitan, kedalaman dan keluasan KD).
  • Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek intake, antara lain hasil observasi awal siswa, hasil belajar siswa dari tahun pelajaran sebelumnya, dan nilai hasil ujian sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.
  • Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek pendidik dan dayadukung, antara lain kompetensi pendidik (nilai UKG), rasio pendidik dan murid dalam satu kelas, akreditasi sekolah dan sarana prasarana sekolah
Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100 dengan mempertimbangkan hal-hal berikut seperti di bawah ini :
a. Karakteristik Mata/Muatan Pelajaran (Kompleksitas)
Karaktersitik mata/muatan pelajaran memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/ kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.

b. Karaktersitik Peserta Didik (Intake)
Karakteristik peserta didik (intake) memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan hasil penilaian awal peserta didik, dan nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.

c. Kondisi Satuan Pendidikan (Pendidik dan Daya Dukung)
Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana  embelajaran, dukungan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKMnya. 
https://referensiguruku.blogspot.co.id/
format penentuan KKM sesui panduan penilaian
Untuk mempermudah perhitungan atau mencari nilai KKM maka dibuatlah dengan format excel. Nilai KKM atas otomatis terhitung. Rumus excel yang digunakan adalah rumus average.

Download Aplikasi Hitung KKM Kurikulum 2013 SD

Demikianlah updatean kali ini tentang aplikasi KKM Kurikulum 2013, Semoga dapat memermudah Bapak/Ibu guru dalam menentukan KKM sekaligus membuat dokumen KKM.

Terima kasih, semoga bermanfaat. Ini http://referensiguruku.blogspot.co.id
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Referensi Guruku
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top