1. Dapat memberikan
pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pembelajaran yang sedang
dibahas, karena dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi
mudah atau lebih sederhana
2. Dapat menjelaskan
materi pembelajaran atau objek yang abstrak (tidaknyata, tidak dapat
dilihat langsung) menjadi konkrit (nyata dapat dilihat, dirasakan, atau
diraba), seperti menjelaskan peredaran darah dan organ-organ tubuh
manusia pada mata pelajaran Sains.
3. Membantu pengajar
menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga
peserta didikpun mudah dipahami, lama diingat dan mudah diungkapkan
kembali.
4. Menarik dan
membangkitkan perhatian, minat, motivasi, aktifitas, dan kreatifitas
belajar peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik.
5. Memancing
partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan memberikan kesan
yang mendalam dalam pikiran peserta didik.
6. Materi
pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali (playback).
Misalnya menggunakan rekamana video, compact disk (cakram padat), tape
recorderatau televisi.
7. Dapat membentuk
persamaan pendapat dan persepsi yang benar terahadap suatu objek, namun
dalam bentuk nyata menggunakan media pembelajaran.
8. Menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif, sehingga peserta didik dapat
berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya,
sehingga memberikan pengalaman nyata dan langsung. Misalnya, peserta
didik mempelajari tentang jenis-jenis tumbuhan. Mereka langsung melihat,
memegang, atau merasakan tumbuhantersebut.
9. Membentuk sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).
10. Peserta didik
belajar sesuai dengan karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya,
baik secara individual, kelompok, atau klasikal.
11. Menghemat waktu, tenaga, dan biaya.
Download Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia dengan Materi Pahlawan Nasional Kelas V Semester 2 >>> DI SINI
Semoga membantu Ibu dan Bapak Guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Amin
0 komentar